Selasa, 06 Desember 2016

Tips Dalam Memilih Case PC

Casing PC atau case pc merupakan salah satu peripheral penting dalam sebuah PC sebagai media untuk menempatkan komponen hardware dari komputer, seperti motherboard, powersupply, harddisk, power supply dan hardware lainnya. Siapa sih yang gak mau memiliki PC yang terlihat keren dan sesuai dengan selera kita.

 


Disini saya ingin berbagi tips dalam memilih case pc, dimana pertama sebelum memilih case pc yang harus kita ketahui adalah mobo apa yang kita gunakan. karna jenis mobo menentukan ukuran dari case yang kita perlukan, kan gak lucu kalo kita beli case pc tapi gak bisa dipake karna mobonya gak masuk. secara umum ukuran case yang kompitebel dengan ukuran mobo yang ada dipasaran yaitu seperti berikut

mini-ITX < m-ATX < ATX



Dimana jika pc case kita ukuran m-ATX (mikro ATX) berarti mobo berukuran ATX gak bisa masuk ke dalam pc case, jika case pc berukuran ATX biasanya dapat memuat mobo berukuran m-ATX maupun mini-ITX, dan kalo gak masuk jangan di paksa, entar bakal sakit hati.
Setelah kita tau dan memutuskan ukuran case PC yang ingin kita beli maka kita masuk ke tips dalam memilih case PC tersebut



Baiklah masuk dalam tips memilih case PC :
  1. Cari case yang tampilannya sesuai selera, karna gak dipungkiri kata bagus tu bersifat subjektif yang artinya bagus menurut ane belum tentu bagus menurut orang lain, biasanya bisa kita kelompokin case pc yang bertema seadanya, elegant, dan gaming (mirip robot).
    Case PC Bertema Elegant
    Case PC basic atau seadanya
    Case PC Gaming ( misip robotkan hehehe..)
    Enak kalo ditempat situ ada tempat buat mod case PC sehingga case PC bisa di modif sesuai selera kita tapi nyatanya susah, bahkan di tempat ane gak ada tempat kayak gitu 😞, tempat buat mod motor banyak 😁. 
    Mod Case total jadi mirip piramit

    Case PC yang di Mod
    Yang ini Case PC nude atau Cowboy dibuat biar gampang ganti ganti komponen

  2. Biasanya toko komputer bakalan menyarankan kita memilih case pc yang build psu (bener gak tu tulisannya hehehe) yang artinya case PC dijual dengan PSUnya satu paket dengan alasan lebuh hemat. ane saranin cari case PC yang dijual tanpa psu bawaan casing atau beli case pc nya aja tanpa psu bawaan, alasannya karna biasanya kualitas dari psu bawaan case PC tu bisa dibilang seadanya atau yang biasa dibilang orang psu abal abal. coba pikir case case PC yang bagus dan mahal biasanya dijual tanpa psu seperti corsair cooling dan sebagainya. lebih baik sisihin dana lebih untuk beli psu yang berkualitas biar komponen PC dapat awet.
    PSU bawaan casing
    PSU Corsair AX series
  3. Usahakan pilih case dengan posisi penempatan psu dibawah kalo bisa dengan filter di bawah casing agar debu gak gampang masuk di psu yang menarik udara dari bawah, alasannya sederhana. dengan penempatan psu dibawah maka pengambilan udara (intake) dilakukan dari udara dibawah casing sehingga sirkulasi udara (airflow) di dalam case pc lebih terkendali dari psu yang penempatannya di atas.
    Salah satu konsep airflow pc
  4. Periksa bahan dasar dari case PC terutama rangka, sebisa mungkin yang kualitasnya bagus apalagi rangka jangan sampe bahan dasarnya 11 12 dengan kaleng kerupuk.
  5. Cari yang meniliki fitur cabel management yang artinya kabel di dalam case PC bisa di tempatkan di belakan mobo (bukan belakang mobonya bener ya, tapi di belakang rangka PC). alasannya lagi lagi adalah agar airflow di case lebih baik dan tentunya agar kabel kabel gak terlihat berantakn didalam case PC (semakin luas kabel management semakin bagus).
    Tanpa cable management akan lebih sulit menrapihkan cable
     
    Dengan Cable Management
  6. Semakin Banyak kipas (Fan) yang bisa diinstal semakin bagus. ya pernyataan ini tepat sekali. dengan banyaknya kipas yang dapat diinstal kita bisa mengatur aliran intake dan exhaus dari udara melalui fan, minimal bisa diinstal 1 fan di depan, 1 di belakang dan 1 di atas. perhatikan juga pentilasi yang ada di case jangan sampai fan nya seadanya tapi gak ada pentilasi untuk jalur udara keluar masuk.
  7. demensi dalam dari case PC, kenapa? karna ini menentukan bisa masuk apa enggak komponen kedalamnya, misal aja kita punya vga card dengan 3 fan yang panjangtu gak akan masuk ke case kalo misalnya case cuma ngedukung vga yang berukuran kecil.
     atau cpu fan model tower yang tinggi tinggi di masukin ke case pc yang kecil yang ada pc gak bisa ditutup. jadi di peratikan juga kekompitebelan case dengan komponen lainnya seperti vga (panjang vga), cpu cooler (tinggi cpu cooler), water cooling, jumlah hhd/ssd yang bisa di instal.
  8. Tips yang terakhir dari ane adalah periksa keadaan case yang ingin di beli, apakah penutupnya ada yang longgar, apa ada kabel panel yang rusak atau case ground (PC gak mau idup di case pc tapi idup di luar case PC atau di case PC lain. lebih baik teliti sebelum membeli dari pada dah dibeli tapi ada cacat end akhirnya kita kurang puas.
Optional aja buat yang suka gonta ganti isi PC dalam case, usahakan beli case yang expansion slotnya bukan model matah. karna kalo model patah sekali di patahin gak bisa di pasang lagi al hasil harus cari lagi penutup expansion slotnya yang kadang susah dicari, biasanya case pc beginya haganya diatas 500 rb.









Sekian Tips dari ane, bukan maksud menggurui tapi di sini cuma kebetulan aja ane dah tau duluan end ane rasa cukup penting tuk saling berbagi informasi dan saling belajar. hehehe  😁😁😁😁

1 komentar: