Kamis, 02 Februari 2017

Mengenal Produk Komputer : GDDR bukan DDR

Beberapa saat lalu ane pernah ketemu orang yang nanya ke toko tempat ane lagi cari barang, "mas vga nya ad yang bagus tapi ddr 3 gak, saya masih make ddr 3 soalnya". dari situ lah ane jadi ngerasa butuh ngebahas tentang ini, apa lagi kalo bukan GDDR.


Macam-macam teknologi RAM untuk VGA

Secara garis besar sebenarnya kita pasti udah ngarti apa itu GDDR atau sering di singkat jadi DDR (menurut ane salah juga ni nyingkat2 nya). GDDR ialah teknologi yang digunakan RAM dimana RAM ialah memori tempat menyimpan sementara data sebelum di eksekusi atau diproses. jadi kenapa menurut ane salah kaprah..? secara garis besar penyingkatannya lah yang salah dari GDDR jadi DDR con : GDDR 3 malah orang lebih seneng nyebutnya DDR 3.

Macam-macam teknologi RAM DDR

Ane bahas lagi muter tentang DDR dimana DDR alah teknologi yang digunakan RAM dimana RAM ialah memori tempat menyimpan sementara data sebelum di eksekusi atau diproses. (yo pusing pusing sono). jadi apa bedanya? bedanya ialah tata cara eksekusinya. dimana RAM itu adalah memori sementara untuk menyimpan data yang akan di proses atau bisa ane gambarin seperti ini

RAM bekerja untuk Prossesor

Dimana GDDR adalah RAM dengan prosesor berupa GPU dan DDR ialah RAM dengan Prosesor berupa CPU. jadi gak masalah mau VGA tu GDDR5 dan CPU nya DDR 3 tok oprasinya gak akan bermasalah. yang jadi masalah tu klo VGA AGP atau Pci di masukin ke slot Pci-e hehehe...

Jadi jawaban untuk pernyataan di awal pembahasan kali ini ialah bisa karna GDDR tu bukan DDR dari namanya ja itu beda.

Penampakan RAM dari VGA

untuk terahir ane mau saranin lagi sebelum ganti VGA add-on cek dulu PSU apa bisa ngangkat VGA tu atau malah ngerusak. jadi lebih perhatikanlah pemilihan PSU berkualitas hehe...
sekian dari ane klo ad yang mau tanya-tanya atau protes silkan tinggalkan komen. bukan maksud menggurui tapi hanya ingin sedikit berbagi.

3 komentar:

  1. Berarti kalo mobo support ddr2 bisa aja ya gan dikasi vga yg udah gddr5? Yaa walaupun mubajir tapi bisa gak?

    BalasHapus
  2. terimakasih, pencerahan buat saya.... jangan berhenti share ilmu ya...

    BalasHapus