Jumat, 27 Januari 2017

Mengenal Produk Komputer : class mainstream and class enthusiast

Saat ini banyak yang menyalah artikan kalau class pada komponen komputer terdapat low, mid, high ataupun gamming. padahal itu hanyalah pengelompokan menurut konsumen sedangkan gamming pada produk seperti caseing gaming atau apa apa gamming tu adalah lebel dari branded seperti ASUS dengan ROG nya dan MSI dengan Gamingserisnya.

Gigabyte Gaming Logo

MSI Gaming Logo

ASUS Gaming Logo


Sejatinya prusahaan komputer atau branded memproduksi produk hanya memiliki 2 class, yakni class mainstream dan class enthusiast dimana pada kedua class ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan baik dari segi kualitas, harga, teknologi dll. dimana dapat kita tebak bahwannya class enthusiast memiliki lebih lebih dan lebih dari class minstream.

Dimulai dari class enthusiast dimana produk dengan class ini memiliki banyak kelebihan dibanding class mainstream baik harga yang lebih mahal, kualitas yang lebih lebih maupun teknologi yang lebih termutahir. namun tak dipungkiri produk class enthusiast seiring berjalannya waktu dapat berubah jadi class mainstream contohnya SSD yang sekarang sudah marak padahal dulunya SSD ialah produk class enthusiast yang dipakai oleh para pemesan saja dan dipakai salah satunya oleh Super Komputer IBM (1960-an). bahkan DDR4 yang saat ini lagi marak pun dulunya adalah produk enthusiast.



Untuk class mainstream ialah produk yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk diconsumsi oleh publik banyak dimana harga produk ditekan sedemikian hingga dapat diproduksi secara masal dan di lepar kepasaran. jadi bisa kita simpulkan kebanyakan lebel gaming pada produk kebanyakan ialah class mainstream walau gak dipungkiri terkadang class enthusiast juga berlebel gaming.

Sekarang dapat kita simpulkan bahwa :
Class enthusiast memiliki kelebihan teknologi terkini, kualitas barang yang tinggi namun juga punya kekrangan berupa harganya yang mahal, sedikitnya jumlah yang diproduksi sehingga sulit mencari pengganti jika terjadi kerusakan atau pun jumlah komunitas penggunanya yang sedikit karna sedikit pula yang menggunakan.
Class mainstream memiliki kelebihan dibidang harga yang lebih terjangkau untuk publik (walau ane masih bisa bilang mahal juga kayak gtx 960 hehe..), komunitas pemakai yang besar karna banyak pengguna dan lebih mudah mencari di pasaran karna diproduksi secara masal. namun memiliki kekurangan dibanding class enthusiast berupa teknologi dimana class enthusiast lebih maju.

Sekian sering dari ane terkait class pada produk komputer, klo ada yang mau sering atau pun tanya tanya silakan koment. bukan maksud menggurui tapi hanya sedikit berbagi informasi hehe....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar