Minggu, 22 Januari 2017

Mengenal Produk Komputer : PSU pure ?

Seperti yang kita tau pc atau personal komputer ialah sebuah alat electronik yang bisa dibilang digunakan hampir disegala bidang aspek di kehidupan moderen ini, dari bentuk notebook, leptop, tablet, bahkan dekstop dikarnakan kepaktisannya dalam digunakan.

Tapi meskipun banya penggunanya gak memungkiri klo konsumennya belum tentu mengerti dengan barang tersebet seperti apa aja isinya, guna tiap bagiannya, dan kini ane mau ngajak untuk sering bareng tentang komponen yang terkadang di anak tiriin sama pengguna kususnya yang masih kurang paham yaitu PSU (Power Supplay unit).

Untuk yang belum tau PSU berbeda dengan UPS dimana UPS tu adalah tempat penyimpanan muatan listrik untuk digunakan saat terjadi pemadaman listrik, ya mirip mirip batre lah fungsinya. tapi PSU pada PC bertugas untuk mengubah arus listik menjadi arus searah yang bisa digunakan oleh komputer tersebut. dimana bisa dibilang PSU adalah jatung dari pc tersebut.

UPS

PSU


Mungkin penggunaan PSU yang berkualitas gak akan membuat kita merasa peningkatan performa dari PC seperti klo kita pake Prosessor atau VGA yang bagus. tapi penggunaan PSU yang baik dapat memberi jaminan lebih untuk umur tiap komponen pada PC. dan lagi lagi ane sempet beberapa tahun yang lalu di buat bingung dengan istilah PSU Pure.

PSU pure sendiri diyakini memberikan pasokan daya yang baik dimana apa yang tertera di lebel itu yang dihasilkan seperti PSU 450W klo pure maka yang jadi daya juga 450W. padahal pasti ada daya yang jadi panas dari PSU tersebut, klo gak PSU gak akan dikasi fan untuk membuang panas nya. dan setelah ane telusuri gak ada situs luar yang menggunakan istilah pure.

Istilah pure hanya ditemukan di sini dimana di situs situs luar mereka menggukan istilah 80 Plus sertifikasion atau bisa dibilang PSU yang telah melalui setandar minimal internasional. jadi untuk kalian yang mw beli PSU jangan langsung percaya klo diomongin PSU pure karna menurut ane istilah itu keluar untuk mendongkrak penjualan psu non 80+ yang di siasati kebanyakan oleh pedagang.



O ya, PSU pun terkadang mimiliki lebel 80+ padahal sejatinya sama sekali belum di uji alis 80+ palsu. jadi lebih baik anda cari cari tau terlebih dahulu merek apa yang bagus yang sertfikasi 80+ nya dapat di percaya. contoh corsair, cooling master, silverstune, dll. karna merek yang bagus biasanya ada situs resmi tentang produk mereka jadi kita bisa cek disitu
contoh situs resmi corsair : http://www.corsair.com/en/power-supply-units

Bukan maksud menggurui, hanya berbagi informasi agar saling belajar hehe....
untuk yang mau tanya tanya silakan tinggalkan coment dibawah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar